Rabu, 28 Oktober 2015

Journey of Losing Weight

Heyhoooo..
Setelah sekian lama ga ngeblog *entah berapa tahun*, akhirnya kepikiran buat nulis lagi. Tulisan yang baru sekarang ga akan berhubungan sama kuliah kok, sebagaimana asal usul blog ini dibuat *orang udah kelar juga kuliahnya, setaun lalu yee, hiiiikkkzzzz*. Setelah dipikir pikir mau nulis apa, tiba-tiba kepikiran, perjuangan gue dalam nurunin berat badan *eeaaaaaaaaaaaaaa* *lebay abitch lo sar*. But first, gue bukan diet expert yaaaw, so don’t ever take it too serious *camkan itu* *zoom in zoom out ala ala sinetron*. 
Owwwkaaay, lets start the journey with saying Basmallah *Bismillaahirrahmaannirrahiim*. Kepikiran buat nurunin berat badan itu didasari dengan niat mau wisuda and I have to look good in kebaya. Bukan berarti big isn’t beauty in kebaya yaa, karena gue juga masih gemuk pas waktunya wisuda dan pas ngaca juga bagus bagus aja aah haahhaha. Tetapi dalam pikiran gue kalo badannya lebih kurus pasti keliatannya lebih bagus. Selain itu juga, sedikit banyak, kepikiran faktor kesehatan sih, kalo ga salah pernah denger di suatu acara, olahraga itu bisa menghambat banyak penyakit, misalnya pikun dan sakit jantung. Meskipun yang namanya penyakit suka datang seenaknya yaa, tapi at least ada usaha dari kita buat jaga badan yang udah dianugrahin sama Allah SWT.
Maju ke tahap kedua, perencanaan. Because I’m a kinda planningholic, seneng banget gue bikin rencana. Browsing sana-sini, bukan dalam waktu yang bentar loh, seminggu ada kali hahahaha. Pas jamannya browsing itu pertama yang gue cari adalah olahraga yang cocok untuk menurunkan berat badan, dan hasil yang didapatkan adalah *yang gue inget ya* lari, jalan cepet, renang sama lompat tali. Terus gue kepikiran lagi, kalo kurus tapi ga kenceng kan kurang oke juga ya, browsing lagi lah gue, olahraga yang bisa mengencangkan bagian-bagian kaya lengan dan kawan kawannya *hampir semua bagian sih, kecuali leher kali yaa* hahaha. Banyak banget referensi gerakan-gerakan mengencangkan di mbah gugel, gerakannya juga simpel, bisa dilakuin di dalam rumah. Setelah selesai masalah olahraganya apa, masuk ke masalah makanan. Hampir di semua situs yang membahas masalah penurunan berat badan, selain olahraga pasti ada pengaturan pola makan. Jenis olahraga aja banyak macemnya, pengaturan pola makan juga buaanyaaaak macemnya. Gue pribadi jarang padahal makan 3x sehari *maklum anak kost* hahaha, tapi masalahnya itu gue doyan banget ngemil. Meskipun sebenernya, gue masih heran sama temen temen yang porsi makan nya banyak, tapi badannya tetep aja mungil *tatap tajam mata mereka*. Anggep aja mereka banyak olahraga ya, biar ga jadi sirik hahaha. Back to the topic, masalah pengaturan pola makan, setelah browsing sana sini lagi, gue nemu salah satu situs, lupa apa tepatnya, disitu dia bilang kalau sistem pencernaan manusia itu harus istirahat minimal 12 jam dalam sehari, yang berarti kita ga nelen apa apa selain air putih, untuk menjaga kelancaran metabolisme. Anyway gue lupa juga dulu ga ngecek apakah hal itu valid apa engga berhubung keburu kegirangan. Seketika gue langsung ngerasa cocok sama pengaturan tersebut, soalnya kalo terakhir makan jam 8 malem, berarti besoknya baru mulai makan lagi jam 8 pagi, kuatlah gue nahan segitu mah, kan kebawa tidur juga hahaha.
Masuk ke pelaksanaan, kalo ga salah inget, gue mulai step ini pas abis Lebaran 2014. Mulailah gue lari-lari pagi depan rumah, karena jujur aja kalo lari-lari sendirian di jalan kayaknya gue ngerasa kesepian banget gitu hiiiikkkss. Setiap lari, gue selalu bawa handphone, yang udah dipasangin timer 30 menit, tandanya gue ga boleh berhenti sebelum timernya bunyi. Bukan berarti lari terus, seringnya sih gue jalan hahaha, selang-seling aja lari sama jalan, tapi jangan sampe duduk. Prosesi lari ini, kadang terhambat hujan, atau malah pas lagi di kosan kan bingung juga tuh ga ada halamannya, gue suka ganti sama lari maju mundur ala-ala princess hahaha. Aturannya sih masih sama kaya di atas, tapi larinya aja maju mundur syantiik. Sehabis timer bunyi tanda 30 menit, lemesin dulu kakinya sambil jalan jalan atau gerakan pendinginan ala ala di sekolah, habis itu baru duduk, istirahat bentar, lanjut lompat tali 10 menit. Tapi kalo lagi rajin aja sih itu, kalo lagi malesnya dateng mah yaa diskip juga hahaha. Naah, untuk gerakan gerakan pengencangan, kyk sit-up dan lain-lain, yang entah apa namanya, biasanya gue lakuin lagi kalo badan udah agak dingin, keringet abis lari udah turun semua, baru deh dimulai gerakan-gerakan yang kayak senam itu. Buat sit-up sendiri gue kasih porsi khusus, karena takut banget bunciit hahaha. Untuk masalah pengaturan makan, gue ikutin pola di atas yang udah bikin gue kesenengan itu. Gue makan dua kali sehari, ga dipantang lauknya apa dan ga ditimbang, karena emang porsinya ga kuli juga, dengan catatan gue hampir ga ngemil di sela makan siang sama makan malem, kecuali udah kriuk kriuk banget, yaa hajaarlah cemilan, tapi jangan brutal juga hahaha.
Aaaaaanndddd the resuuuuuuullllttttt *dag dig dug dag dig dug* *jreeeng jreeeeeng*, gue berhasil nurunin sekitar 9kg dalam sekitar 5-6 bulan. Ga signifikan sih yaa, tapi Alhamdulillaah banget. Harusnya sih masih nurunin lagi nih, masih jalan olahranganya, tapi kumat malesnyaa hahaha. Tapi seengganya ga naik lagi jadi kaya dulu *ngeles ajee*.
For the conclussion, semua yang gue tulis disini, murni pengalaman pribadi, dan riset by browsing yang gue lakukan itu subjektivitasnya amat sangat tinggi. Jadi, kalo ada yang baca dan jadi terinspirasi buat memulai losing weight journey, please find your own method. Karena apa yang gue pernah lakuin di atas, belum tentu cocok sama orang lain. Yang bener-bener mau gue share disini adalah, bisa banget kok nurunin berat badan, selama kita punya komitmen sama diri sendiri, kalo belum ada niat dan komitmen dari diri sendiri mau segimana dunia teriak-teriak juga tetep aja ga akan bikin perubahan. Selain itu juga nurunin berat badan ga perlu obat kimia, tanpa minum obat kimia aja udah banyak banget zat kimia yang masuk ke badan kita. So please love your body first. See you on the next posts, doain biar rajin nulis yaaw.

PS: Thankyou for everybody who motivate me to start the journey, love you always *smoooch*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar